Alasan Kenapa Kadang Hidung Kita Bisa Mimisan

Detik.com Jakarta, Studi yang dipublikasi di Ballenger’s Otorhinolaryngology menyebut sekitar 60 persen orang minimal pernah sekali mengalami kejadian keluar darah dari hidung atau mimisan sepanjang hidupnya. Meski bisa kelihatan cukup mengerikan, seringnya mimisan ini bukan hal yang berbahaya.

Dijelaskan oleh Hank Green dari SciShow bahwa mimisan terjadi ketika pembuluh darah yang ada di dalam hidung karena berbagai sebab pecah mengeluarkan darah. Seberapa sering orang mengalami mimisan akan sangat tergantung dari faktor seperti tingkat kekeringan hidungnya atau apakah ia sering mengorek hidung.

“Seringnya mimisan terjadi secara spontan, kamu sedang menikmati hidup lalu tiba-tiba keluar air terjun darah dari hidung. Biasanya yang seperti itu disebabkan oleh udara kering, asap, atau dehidrasi yang membuat lendir pelindung hidung mengering,” kata Hank.

“Dampaknya membran di hidung kamu jadi lebih terbuka dan pembuluh darah di dalam juga lebih mudah pecah,” lanjutnya.

Selain karena iritasi udara kering, hantaman keras pada membran hidung seperti saat terjatuh atau dipukul juga dapat menyebabkan mimisan.

Pada beberapa kasus bisa juga mimisan jadi tanda dari kondisi yang lebih serius seperti adanya tumor atau pendarahan di otak. Namun hal seperti itu menurut laporan peneliti di Ballenger’s Otorhinolaryngology hanya sekitar 10 persen dari total seluruh kasus mimisan.

“Jenis mimisan yang sering terjadi adalah anterior epistaxis di mana pembuluh darah di dalam hidung pecah dan biasanya hanya melibatkan satu lubang hidung saja… Mimisan yang seperti ini bisa diobati sendiri di rumah,” kata Hank.

Untuk mengobati mimisan sederhana cukup beri tekanan saja pada hidung sehingga pendarahan bisa berkurang. Dengan demikian juga sel darah bernama platelet bisa dengan sendirinya menutup lubang menghentikan pendarahan.

Sebarkan ( Share! )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *