Introvert atau Ekstrovert? Hal Ini Bisa Tentukan Kualitas Tidur dan Mimpi Anda

Hasil gambar untuk kualitas tidur

Detik.com Jakarta, Kebanyakan orang berpikir bahwa kebiasaan tidur seperti insomnia atau mimpi buruk disebabkan oleh faktor eksternal. Namun menurut sebuah studi baru-baru ini, kepribadian introvert atau ekstrovert menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang di malam hari.

Seorang ekstrovert adalah seseorang yang berfokus pada dunia luar, cenderung lebih ekspresif dalam bersikap dibandingkan dengan introvert. Nah untuk mengetahui jika kepribadian yang dimiliki seseorang dapat memengaruhi kualitas tidur, studi kemudian meminta peserta untuk menjawab serangkaian pertanyaan tentang bagaimana mereka tidur di malam hari.

Selanjutnya studi mengelompokkan jawaban mereka, apakah masuk ke dalam kategori introvert atau ekstrovert. Para periset menemukan bahwa tipe kepribadian tampaknya berkorelasi dengan kualitas tidur dan hal yang dimimpikan.

Hasil studi tersebut menyebut bahwa, seorang ekstrovert cenderung tidur sepanjang malam tanpa terbangun dan cenderung memiliki lebih banyak energi di siang hari. Untuk introvert, para peneliti menyimpulkan bahwa tipe ini cenderung memiliki mimpi buruk dan mimpi yang tak jelas ketimbang ekstrovert.

Tentang isi mimpi, studi juga menemukan perbedaan dalam masing-masing kepribadian. Seorang ekstrovert cenderung bermimpi yang berkenaan dengan perjalanan atau traveling, sementara introvert cenderung bermimpi seputaran diri mereka sendiri, misal mimpi tentang gigi mereka yang terjatuh.

(hrn/up)

Sebarkan ( Share! )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *